TSAoTSd7Gpr8TUz7TpriBUz6

Soppeng Kick Off Integrasi Layanan Kesehatan Primer: Wujudkan Akses Mudah dan Berkualitas bagi Masyarakat


Kabupaten Soppeng melalui Dinas Kesehatan  melakukan Kick Off Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di halaman Puskesmas Takalala, Kecamatan Marioriwawo. Kegiatan ini menandai komitmen kuat pemerintah daerah dalam mendekatkan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Soppeng, Kamis 18 Juli 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Hj. Andi Maria Razak, SE menjelaskan bahwa ILP merupakan upaya strategis untuk mengintegrasikan berbagai layanan kesehatan primer, mulai dari siklus hidup individu, keluarga, hingga masyarakat. Hal ini bertujuan untuk memastikan akses yang mudah dan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas bagi semua.

"Dengan ILP, diharapkan seluruh masyarakat Soppeng dapat merasakan manfaatnya, termasuk mendekatkan layanan kesehatan hingga ke tingkat dusun, RT/RW, dan memperkuat pemantauan kesehatan di wilayah setempat," ujar Hj. Maria Razak.

Lebih lanjut, Hj. Maria Razak menyampaikan bahwa di tahun 2024, seluruh Puskesmas di Soppeng akan menjadi lokus pelaksanaan ILP, dengan 1 Pustu dan 1 Posyandu per Puskesmas. Beliau juga berharap agar Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dapat memfasilitasi pendampingan bagi Puskesmas di Soppeng untuk mendukung kelancaran implementasi ILP.


Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Bapak H. Iwan Halwani, SKM, M. Si, turut memberikan dukungan penuh terhadap program ILP di Soppeng. Beliau menekankan pentingnya kesehatan dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat, melakukan screening kesehatan secara berkala, dan memanfaatkan layanan kesehatan puskesmas yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan ditanggung oleh BPJS.

Bupati Soppeng, HA. Kaswadi Razak, SE, dalam sambutannya menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui berbagai upaya, termasuk melalui ILP. Beliau juga menginformasikan tentang keberadaan PSC (Public Safety Center) di setiap kecamatan untuk memastikan akses layanan kesehatan yang cepat dan tepat bagi masyarakat.

Acara Kick Off ILP ini diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Bersama Lintas Sektor oleh Bupati Soppeng, para stakeholder, dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Soppeng. Hal ini menunjukkan tekad bersama untuk mendukung dan mensukseskan program ILP demi terwujudnya Soppeng yang sehat dan sejahtera.

Komentar0

Type above and press Enter to search.