TSAoTSd7Gpr8TUz7TpriBUz6

Kampanye Dialogis Calon Bupati Soppeng, Nomor Urut 2: Dapat Dukungan Warga Kaca dengan Ide Konservasi



SOPPENG - Keluhan warga Kelurahan Kaca, Kecamatan Marioriawa, terkait dengan konflik garap di Wilayah Danau Tempe, dijawab dengan elegan oleh Calon Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng.

Berkampanye dialogis di Kelurahan Kaca, Kamis 10 Oktober 2024, sore, Haji Suwardi mengeluarkan ide cemerlang untuk mengatasi kondisi itu. "Kita harus menangani dengan cermat tanpa ada yang harus dirugikan. Warga tak dirugikan, pengusaha tak rugi demikian pula dengan pemerintah. Kami telah berdiskusi dengan tim pengendali kami, bahwa model penerapan zona Konservasi Danau Tempe bisa dipilih untuk  mengatasi keluhan warga itu," katanya ketika ditemui usai berkampanye. 

Selama ini kata calon nomor urut 2 ini, terjadi konflik saat warga yang berprofesi sebagai nelayan seringkali memprotes makin sempitnya wilayah garapan oleh karena dikuasai kelompok tertentu. "Pemerintah Kabupaten Soppeng ke depan bisa menyisakan wilayah konservasi dimana nelayan bisa menggarapnya secara bersama. Namun di sisi lain, para pengusaha perikanan di Kaca juga tak dirugikan karena masih ada wilayah lain yang bisa mereka garap juga setelah mengikuti lelang," tambahnya.

Sebelumnya, Bahar, salah seorang warga mengeluhkan makin sempitnya wilayah garapan nelayan di daerahnya. "Kami meminta ada kebijakan agar nelayan di sini juga punya lebih luas garapan agar kami bisa mencari rezeki lebih banyak," katanya. 

Kampanye dialogis SUKSES di Kaca dikuti tak kurang dari 300 warga. Peserta terlihat membludak hingga ke luar tempat acara. 

Sementara itu diwaktu bersamaan, Calon Wakil Bupati Soppeng, Selle KS Dalle, berada di Dusun Lobo, Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja. Selle menemui ratusan pendukungnya di kampung kecil ini. Dusun Lobo dan Desa Timusu khususnya adalah salah satu basis Selle di Pemilu 2024 lalu. "Insya Allah, wilayah ini akan tetap menjadi basis kami di Pilkada 2024 ini," kata Selle yang disambut tepuk tangan warga. 

Malam ini, SUKSES masih tetap berbagi tugas dalam menggelar Kampanye Dialogis. Haji Suwardi akan berada di Kelurahan Limpomajang. Sementara Selle akan menemui pendukungnya di Kelurahan Jennae, Kecamatan Liliriaja. (*)

Komentar0

Type above and press Enter to search.